Pages

Senin, 29 Oktober 2012

Observatorium Gemini Rilis Citra Cincin Kutub Galaksi Yang Langka

http://astronesia.blogspot.com/
NGC 660


Cincin kutub galaksi adalah objek aneh. Para astronom yang telah menemukannya hanya segelintir, sehingga tidak banyak yang diketahui tentang asal-usul cincing kutub tersebut. Kebanyakan kutub memiliki sistem jenis spiral awal yang disebut galaksi lenticular sebagai benda atau objek yang menjadi perhatian utama. Akan tetapi NGC 660, yang terletak sekitar 40 juta tahun cahaya ke arah Pisces, adalah galaksi cincin kutub yang hanya dikenal dengan apa yang disebut jenis akhir dengan galaksi lentikular sebagai inangnya. Semua, bagaimanapun, menampilkan cincin bintang, debu, dan gas yang meluas puluhan ribu tahun cahaya di ruang sepanjang orbit hampir tegak lurus ke keeping galaksi utama.

Model tentang bagaimana cincin kutub membentuk galaksi menawarkan dua skenario umum: 1) gabungan antara dua galaksi yang menusuk selaras kasar di sudut kanan, atau 2) ketika galaksi tuan rumah mendapatkan material yang banyak dari spiral kaya gas yang lewat dan berubah menjadi cincin .

Apa yang Anda lihat dalam gambar Legacy Gemini yang baru adalah bukan objek yang dinamis tunggal tetapi tidak hancur setelah satu galaksi menusuk jantung galaksi lain atau sisa-sisa perjuangan pasang antara dua galaksi yang hancur dan membentuk sebuah cincin dengan jarak 40.000 tahun tahun cahaya.

Brian Svoboda dari University of Arizona, yang baru-baru ini mempelajari kimia dan lingkungan suhu di planet NGC 660, percaya bahwa morfologi unik muncul dari interaksi sebelumnya dengan galaksi yang kaya gas. Geometri NGC 660 – sebuah ujung-kutub yang besar pada cincin dengan jarak sekitar 40.000 tahun cahaya yang mengandung lebih banyak gas dan pembentukan bintang yang terkait dibandingkan tuan rumah, yang sangat menunjukkan formasi kekerasan. “Salah satu karakteristik utama dari NGC 660 adalah bahwa cincin itu tidak benar-benar polar, namun cenderung sekitar 45 ° dari bidang keping,” kata Svoboda. “Simulasi untuk bergabung tidak dapat mereproduksi cincin ini rendah tetapi skenario pertambahan pasang surut bisa.”


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...