Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

Akhirnya, Pernikahan Lesbian Buddha Pertama Digelar di Taiwan

Taoyuan, Untuk pertama kalinya, dua wanita yang merupakan pasangan lesbian menikah dengan tata cara Buddha di Taiwan. Pernikahan bersejarah ini dipimpin oleh seorang master Buddha dan dihadiri oleh 300 umat Budha lainnya.

Dalam pernikahan ini, Fish Huang dan kekasihnya You Ya-ting sama-sama mengenakan gaun pengantin warna putih. Kedua wanita yang sama-sama berusia 30 tahun ini mengucap janji setia di depan patung Budha di sebuah kuil di Taoyuan, Taiwan bagian utara. Uniknya, mereka memilih saling bertukar tasbih Buddha, daripada bertukar cincin.

Hampir 300 umat Buddha yang hadir dalam pernikahan ini mengucapkan sutra sebagai bentuk bagi pasangan sesama jenis ini. Shih Chao-hui, seorang master Buddha memimpin jalannya ritual pernikahan ini.

"Kita hadir di sini menjadi saksi sejarah. Dua wanita yang berdiri bersama dan berjuang untuk nasib mereka... untuk melawan diskriminasi sosial," ujar Shih yang juga seorang advokat wanita terkenal di Taiwan, seperti dilansir oleh AFP, Sabtu (11/8/2012).

"Sejumlah orang mungkin akan terkejut (melihat wanita memimpin ritual), tapi ajaran Buddha tidak terkait dengan perjuangan ideologi dan saya sudah terbiasa menerima pandangan aneh dalam berbagai pengalaman saya di bidang sosial," imbuhnya.


Orangtua kedua mempelai tidak ikut hadir dalam pernikahan ini. Namun Huang memastikan, bahwa pernikahan ini telah mendapat restu pihak keluarga. "Orangtua kami sejak awal sepakat untuk datang dan mereka menyesal karena ternyata mereka tidak bisa hadir. Kami memahami bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda soal pemberitaan media dan kami ingin memberi mereka kebebasan," ucap Huang.

"Kami berharap dengan adanya dukungan master, pernikahan ini akan mampu mengubah perspektif banyak orang meskipun tidak terikat secara hukum. Kami berharap pemerintah bisa segera melegalisasi pernikahan sejenis," imbuh wanita yang juga pekerja sosial ini.

Taiwan dikenal sebagai negara yang memiliki komunitas paling liberal secara kultur di Asia Timur. Kelompok-kelompok gay dan lesbian di pulau tersebut telah bertahun-tahun mendesak pemerintah setempat untuk melegalkan pernikahan sejenis. Mereka ingin menjadikan Taiwan sebagai masyarakat pertama di Asia yang melegalkan pernikahan sejenis.

Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...