Pages

Sabtu, 26 Desember 2015

Mau Liburan Pakai Sepeda Motor? Pahami Tips Amannya


Menjelang akhir tahun pastinya sudah banyak yang merencanakan liburan. Tidak hanya menggunaka n mobil, tapi juga sepeda motor. Tapi liburan pakai sepeda motor, apalagi menempuh jarak cukup jauh tidak bisa sembarangan.

Carmudi sebagai platform jual-beli kendaraan bekas, berbagi tips aman dan nyaman liburan akhir tahun dengan kendaraan roda dua. Ini dia selengkapnya.

1. Fungsi Motor sebagai Moda Transportasi
Sepeda motor sebenarnya dibuat untuk jarak tempuh pendek, kurang dari 200 kilometer. Motor hanya boleh diisi dua penumpang dengan bawaan tidak lebih dari 30 kilogram.


2. Gunakan Apparel Lengkap
Gunakan apparel lengkap dan nyaman, seperti helm full face, masker, jaket dengan pelindung dan jas hujan. Apparel yang baik dan aman, sangat penting, karena kecelakaan roda dua mencapai 71 persen dari total kecelakaan di Indonsia.

3. Istirahat Yang Cukup
Setiap perjalanan dua jam, sebaiknya istirahat agar konsentrasi tetap terjaga, menghindari dehidrasi. Kosentrasi pengendara roda dua lima kali lebih besar dibanding pengendara mobil.

4. Lepaskan Handphone dari Genggaman
Jangan lakukan 'sirkus' dengan bermain handphone sembari mengendarai sepeda motor. Termasuk mendengar musik menggunakan earphone. Konsentrasi bisa terganggu dan tidak awas dengan kondisi sekitar.

5. Posisi Badan
Santai, ingat perjalanan liburan harus dibuat senyaman mungkin. posisi badan santai, siku sedikit menekuk, badan tegap, pandangan lurus agar sigap dan mampu mengontrol sepeda motor dengan sempurna.

6. Nikmati Perjalanan
Tujuan berlibur untuk bersenang-senang, utamakan keselamatan ketimbang kecepatan. Nikmati pemandangan sepanjang perjalanan juga bisa jadi bagian dari liburan Anda bukan?

Selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...