Pages

Rabu, 08 November 2017

Komunitas Pemuda yang nge-hits di 2017

Halo gan, setelah sekian tahun gak nulis. Kali ini admin nongol lagi dengan judul Komunitas Pemuda yang nge-hits selama 2017.

Gerakan Pemuda Hijrah



Nah, bagi sobat-sobat yang sering main ke Trans Studio Mall mungkin bakal kaget ketika ribuan pemuda datang ke Trans Studio tapi bukan mau ke mall, justru untuk menghadiri kajian Pemuda Hijrah yang didirikan oleh salah satu ustadz lulusan Kairo yang biasa disapa Ustadz Hanan Attaqi. Tapi ada yang unik dalam setiap kajian yang diadakan setiap Rabu ba'da maghrib ini, yaitu penyampaian sang Ustadz dengan gaya kekinian dan kepemudaan banget. Kamu juga harus tau gan, ternyata kajian ini tak hanya dihadiri oleh santri-santri tapi justru lebih banyak dihadiri para pemuda yang sedang berhijrah. Ya, berhijrah adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut orang yang sedang memperbaiki diri dalam keagamaannya. Gak cuma itu, gerakan ini juga berhasil meminimalisir gengster di Bandung. Tentu saja, karena para gengster udah pada hijrah juga nih. penasaran kenapa? mending kepoin aja langsung jadwal kajiannya di pemudahijrah.com atau di instagram.com/pemudahijrah jangan lupa hadir ya


Gak cuma ngaji gan, dalam beberapa kesempatan gerakan ini juga ngadain event-event yang gak kalah seru, salah satunya adalah ngabubuRide di bulan Ramadhan. maksudnya apa sih? jadi di Bandung tuh terkenal banget dengan istilah ngabuburit kalo lagi bulan Ramadhan. Nah, ngabuburide ini adalah main bareng dengan anak skate, bmx, dll. Tujuannya apa? ya ngabuburit lah. Tapi acara gak cuma beres di buka puasa. kamu juga diajak lanjut tarawih bareng dengan sang ustadz yg suaranya luar biasa merdunya.


Satu yang gak kalah penting, meskipun sering ramenya di Masjid Trans Studio Bandung, ternyata markasnya tuh di Masjid Al-Lathiif, kalo di gugel sih alamatnya ini Jl. Saninten No. 2, RT. 01 / RW. 05, Cihapit, Bandung Wetan, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114 . Yuks mampir, disana banyak temen-temen hijrah. Sekamu yang merasa ingin balik ke jalan yang benar, ayo! Setiap hari ditunggu di Al-Lathiif, jangan minder dan jangan takut. Para Pemuda Hijrah ini baik-baik loh, pinter-pinter dan insyaAllah soleh-soleh. Kamu bakal disambut banget deh disini. 


Oke, itu tadi sepintas tentang Gerakan Pemuda Hijrah. Next adalah .....



Pejuang Subuh

Wah, apalagi nih? Pejuang Subuh?
Ya, Pejuang Subuh ini adalah komunitas yang punya cita-cita keren gan, yaitu "Shalat Subuh Seramai Shalat Jum'at". Menurut admin sih ini adalah sebuah gerakan yang ingin membangkitkan semangat pemuda untuk mau shalat subuh berjama'ah di masjid. 

Kamu bisa lihat gan keseriusan Pejuang Subuh ini dalam mengajak para pemuda untuk shalat subuh berjama'ah di masjid melalui kerjasamanya dengan DAQU Movie (Film Maker Muslim). Coba deh cek youtube dengan keyword Cinta Subuh, itu adalah salah satu usaha mereka untuk mengajak para pemuda buat shalat subuh berjama'ah di masjid. Tertarik gabung? kamu bisa kepoin IG nya nih instagram.com/pejuangsubuhid/ dan komunitas ini sudah ada di beberapa daerah-daerah dan kota-kota besar. Jadi, kalau kamu nemu event or kajian yang ada subuh berjama'ah nya, bisa dipastikan mereka bakal hadir gan.


Tahajud Call Indonesia

Tahajjud call merupakan program yang dirancang untuk membangun spirit menghidupkan sepertiga malam yang penuh keutamaan, keindahan hidup dalam naungan Illahi, yang menggerakan hati setiap insan untuk berubah kearah kebaikan. Dengan semangat kebersamaan, Tahajjud Call menawarkan program Multilevel Ibadah, bebas biaya dan full pahala, yang mengajak masyarakat untuk saling berbagi, saling memotivasi, dalam meraih ridha Allah SWT, Bersama Menuju Kebaikan.
Tahajjud Call tidak hanya sebuah sistem saling mengingatkan untuk menghidupkan sepertiga malam, tapi juga menjadi forum silaturahmi dan ukhuwah, meyatukan hati dalam mecapai kebahagian dunia dan akhirat.


Pemuda GAPLEH

sebelumnya minta maaf nih gan, admin belom nemu logo Pemuda GAPLEH. Tapi apa sih? Ko gapleh? ternyata GAPLEH ini adalah sebuat singkatan dari Gaul Tapi Soleh. Nah itu dia gan, jangan heran karena founder nya adalah Ustadz Gapleh (Gaul Tapi Soleh) juga hehe namanya adalah Ustadz Evie Effendi. BTW, jangan heran kalau kamu hadir ke kajian Pemuda GAPLEH ini bakal nemuin Pemuda yg unik-unik, mulai dari yg kayak santri sampe yang kayak preman. Gak beda jauh dengan Pemuda Hijrah, banyak para pemuda gaul yang ingin jadi soleh melalui Pemuda GAPLEH ini. Cobalah hadir di kajian ini, kamu bakal dapat alasan mengapa sekarang ini banyak pemuda yang hijrah dan ingin menjadi soleh.

Santri Siap Guna

Apalagi sih ini? Santri Siap Guna? Santri Siap Guna Daruttauhid adalah program pesantren Daarut Tauhiid Bandung, yang pelaksanaannya setiap hari sabtu minggu, pada jangka waktu 3 bulan. Nah, ini kan program pesantren? Ko masuk ke komunitas?
Jadi gini gan, uniknya Santri Siap Guna ini adalah setelah selesai program akan ada banyak komunitas di dalam SSG, mulai dari lingkungan hidup sampai teknologi.
SSG juga jadi unik karena memiliki tujuan yaitu khidmat untuk umat sepanjang hayat, artinya setelah bergabung dengan SSG-DT ini, kamu memiliki tugas baru seumur hidup yaitu khidmat untuk umat. Kamu dituntut untuk berkontribusi di lingkungan masyarakat mulai dari keagamaan pastinya, sosial, ekonomi, pendidikan dan banyak lagi titik-titik fokus. Apapun jenis ibadah yg berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat, itu adalah tugasmu nantinya. Untuk mendukung khidmat ini maka para SSG membentuk beberapa unit atau bisa kita sebut komunitas.

Apa aja sih unit komunitas yang ada di SSG Daarut Tauhiid ini?
Ada beberapa unit gan di dalam SSG DT ini, diantaranya:

1. Santri IT

Santri IT adalah sekumpulan SSG yang memiliki skill di bidang IT dan SSG yang ingin mendalami tentang IT mulai dari pengelolaan website, teknik photography dokumentasi, teknik videography dokumentasi, desain grafis dan banyak lagi. Pokoknya all about IT ada disini gan. Gimana? keren kan? Kamu bisa berkhidmat untuk masyarakat dengan IT melalui Santri IT ini gan.

2. SALIH (Santri Lingkungan Hidup)

Yap, sesuai namanya, SALIH ini cocok banget buat agan-agan yg senang dengan alam dan peduli terhadap lingkungan. Kontribusi bagi masyarakat pun sudah banyak dari SALIH ini, tak hanya dalam menjaga lingkungan, SALIH pun sudah berhasil menebar pengetahuan tentang alam kepada masyarakat. Dan tidak lupa perkembangan ekonomi yang dihasilkan melalui pemanfaatan teknik-teknik pengembangan lingkungan seperti hydroponik.

3. Korp Pelatih

Siaaaaap gerak! Istirahat di tempaaaaat gerak! Ya, mohon perhatian! Ini adalah sebuah unit kepelatih gan. Kamu bakal melatih para calon SSG baru, santri yang dalam masa orientasi dan para TNI / POLRI yang mebutuhkan pelatihan pembentukan karakter. Oh ya, nyaris lupa. Setiap SSG pasti akan dididik dan dilatih untuk memiliki karakter BAKU. apa sih BAKU? BAKU adalah karakter yang harus ada di dalam setiap Santri di Pesantren Daarut Tauhiid. Baku merupakan singkatan dari Baik dan Kuat. Ya, sekali lagi, itu adalah karakter dasar yang harus ada pada santri di Pesantren Daarut Tauhiid. Dan agan-agan Korp Pelatih lah yang bertanggung jawab untuk mendidik dan melatih karakter dasar Baik dan Kuat. Oke, fokus. Karakter Baik yang diharapkan adalah Jujur Ikhlas Tawadhu. Dan Karakter Kuat yang diharapkan adalah Berani Disiplin Tangguh. Tak hanya untuk santri , karakter ini harus banget dimiliki oleh para Muslim.

4. SSG Niaga

Dari namanya udah jelas ya? SSG Niaga bergerak dibidang perniagaan. Kamu yang ingin berkhidmat di bidang ekonomi, yuk gabung SSG Niaga. Maaf gak terlalu panjang, admin kurang tau banyak soal SSG Niaga, yg pasti khidmat di perniagaan. hehe

5. SSG Muslimah

Kalau kamu adalah muslimah dan sudah menyelesaikan SSG, kamu langsung tergabung secara otomatis di SSG Muslimah. Ini adalah komunitas yang paling disenangi para muslimah. Of course, para muslimah bakal sharing everything about muslimah.



Oke, segitu dulu gan pembahasan hari ini. Untuk lebih detail, agan-agan bisa mengunjungi IG komunitas tadi pada link di bawah ini:

- Gerakan Pemuda Hijrah (IG @pemudahijrah) , founder IG @hanan_attaki
- Pejuang Subuh (IG @pejuangsubuh.id)
- Tahajud Call (belum ketemu IG nya)
- Pemuda GAPLEH belum ada juga, tapi agan bisa follow Ustadz Evie Effendi di IG @evieeffendie
- Santri Siap Guna (IG @ssg_dt)
- Santri IT (IG @it.ssgdt)
- SALIH (IG @salih_ssg)
- Korp Pelatih (IG @korppelatihssg)
- SSG Niaga (IG @ssg_niaga)
- SSG Muslimah (IG @ssg_muslimah)

buat agan-agan yang ingin masuk ke unit di dalam SSG, pastikan sudah bergabung dengan SSG-DT.
Dengan agan gabung di SSG-DT pun agan sudah punya komunitas sendiri di setiap angkatan, dan komunitas besar seluruh angkatan, pastinya agan juga sudah jadi keluarga besar Daarut Tauhiid. Pantengin terus @ssg_dt untuk info pendaftaran terbarunya, insyaAllah pendaftaran dibuka lagi Desember 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...