Pages

Selasa, 16 September 2014

Cara Membuat Aplikasi di iPhone dan iPad

1. Hardware Requirements
Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum menjadi seorang developer di platform iOS adalah hardware, seperti laptop, komputer dan beberapa komponen perangkat keras yang wajib Anda miliki. Untuk menjadi seorang developer iOS Anda wajib memiliki laptop atau komputer yang bisa menjalankan sistem operasi Macintosh. Saya tidak menyarankan Anda untuk membeli laptop seperti MacBook atau komputer seperti iMac, tapi saya mewajibkan Anda untuk memiliki komputer atau laptop yang berjalan diatas sistem operasi Macintosh.
Spesifikasi komponen hardware yang wajib terpasang di komputer atau laptop Anda adalah :
  • Processor Intel i5 2,3 Ghz
  • Memory 4 GB Installed
  • 512 MB VGA Installed
Spesifikasi diatas cukup baik jika Anda ingin menjalankan sistem operasi Mac OS 10.7.4, Mac OS Lion.


2. Software Requirements
Setelah Anda melengkapi kebutuhan perangkat keras, sekarang saatnya Anda untuk melengkapi kebutuhan dalam perangkat lunak (Software). Software yang wajib Anda miliki pada saat membuat aplikasi di iPhone dan iPad adalah xCode.
xCode merupakan software yang dibuat oleh Apple untuk para pengembang (Developer) yang ingin membuat aplikasi di platform Macintosh dan iOS. Software ini bisa Anda download di https://developer.apple.com/xcode.
Hal yang perlu Anda ketahui, xCode bukanlah software yang berjalan pada sistem operasi Windows, yang artinya Anda wajib memiliki sistem operasi Macintosh yang berjalan pada laptop atau komputer Anda untuk menjalankan xCode.

3. Resource Knowledge
Setelah Anda melengkapi perangkat lunak dan perangkat keras yang wajib Anda miliki, sekarang saatnya Anda mencari tahu hal – hal penting dalam pengembangan aplikasi.
Saat ini sudah bukan hal yang sulit untuk membuat dan mengembangkan aplikasi di iPhone dan iPad. Mengingat ada banyak sekali sumber daya yang dibagikan secara gratis oleh komunitas, hal tersebut bukanlah suatu batasan untuk Anda dalam mempelajari dan memahami cara kerja pembuatan aplikasi di iPhone dan iPad.

Salah satu portal yang wajib Anda kunjungi sebagai referensi sumber belajar adalah https://developer.apple.com/library/ios/navigation/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...