Pages

Senin, 28 Mei 2012

Paus Biru Makan di Kedalaman 100 Meter


Paus Biru adalah mamalia laut yang termasuk sub ordo paus palin. Bentuk tubuhnya panjang dan langsing, warna tubuhnya dapat bervariasi keteduhan kelabu kebiru-biruan. Saperti paus palin yang lain, pola makannya secara pokok berisi crustaca kecil yang dikenal sebagai krill, yang sama baik dengan ikan kecil dan cumi-cumi.

                Paus biru makan krill dalam area konsentrasi tinggi yang maksimal, bila nafsu makannya sedang tinggi, paus biru bisa melahap 3600 kg krill sehari. Mereka makan pada kedalaman 100 meter sepanjang hari, dan hanya makan di permukaan air saat malam tiba.

                Oh ya sobat, Paus biru termasuk dari famili Rorqual (famili Balaenopteridae) termasuk di dalamnya paus bungkuk, paus sirip, paus bryde,  paus sei, dan paus minke. Famili Balaenopteridae diyakini memiliki perbedaan dengan famili sub ordo Myticeti pada pertengahan Oligoncene. Jika riset lebih lanjut menemukan adanya kekerabatan, mungkin akan diperlukan klarifikasi ulang Rorqual.


                Nama lain untuk paus seperti Rorqual sibbald (setelah Sir Robert Sibbald), paus biru raksasa dan Rorqual utara raksasa. Nama itu tidak dipakai lagi dan ditinggalkan setelah dekade saat ini. Paus biru memiliki tubuh lonjong panjang yang menunjukkan bidang dalam perbandingan dengan tubuh paus lain. Kepalanya berbentuk datar dan huruf U yang memiliki punggung mencolok, yang terbentang dari lubang sembur hingga bibir lain.

                Sementara bagian depan mulutnya berbentuk tebal dengan lempengan balin, sekitar 300 lempeng (setiap lempeng panjangnya sekitar satu meter) tergantung dari rahang atas, mencapai 0,5 meter yang kembali ke dalam mulut.

                Paus biru memiliki sirip dorsal berbentuk kecil, yang terlihat singkat selama urutan menyelamnya. Ketika menuju permukaan untuk bernafas, paus biru menunjukan bahu dan lubang semburnya keluar air. Untuk sebuah tingkatan besar daripada paus lain, seperti Paus Sirip atau Paus Sei.

                Nah sobat, Paus Biru kebanyakan hidup sendiri atau dengan seekor individu lain. Tidak diketahui apakah berkelana berpasangan melebihi periode panjang. Akan tetapi, kenyataanya sob, paus biru tidak berkelompok seperti paus palin lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...