Daftar Isi

Kamis, 15 Maret 2012

Apple: Klaim 'iPad' Proview Menyesatkan

Sengketa merek dagang iPad masih terus berlanjut di China. Dalam sebuah pernyatan baru, Apple mengatakan pada Selasa lalu bahwa Proview Electronics yang mengklaim masih menjadi pemilik dari merek dagang ‘iPad’ di China adalah menyesatkan dan tidak adil.


“Proview menyesatkan pengadilan China dan pelanggan dengan klaim bahwa merek dagang iPad tidak bisa dipindahkan dan ada kesalahan yang dibuat dalam menangani transaksi tersebut,” ujar juru bicara Apple, Carolyn Wi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari News Yahoo, Rabu (14/3/2012).

“Kami menghormati undang-undang China dan peraturannya. Sebagai perusahaan yang menghasilkan banyak kekayaan intelektual, kami tidak akan menyalahgunakan merek dagang pihak lain,” tambahnya.

Mengenai sengketa merek dagang ‘iPad’ ini, Apple mengatakan bahwa pada 2009 pertama kali bertindak atas nama perusahaan mendekati Shenzhen Proview Technology, yang memegang dua merek dagang di daratan China. Kemudian menurut pernyataan Apple, Proview bersikeras menjual merek dagang melalui afiliasi Taiwan untuk menghindari membayar kreditur. Kesepakatan 2009 tersebut, menurut Apple, termasuk hak di seluruh dunia dengan nama iPad.

“Proview tidak mau membayar hutang pada 2009 ketika menjual merek dagang iPad dan karena mereka masih beruhutang pada banyak orang, maka sekarang mereka secara tidak adil mencoba untuk mendapatkan lebih dari Apple untuk merek dagang yang kita sudah bayar,” demikian isi pernyataan Apple.

Sementara itu tidak terima dengan pernyataan Apple, pengacara Proview Xie Xianghui menuduh perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut yang justru menyesatkan pengadilan, publik dan media.

“Ini tidak masuk akal bagi Proview dengan meminta Apple menandatangani perjanjian dengan Proview Taiwan untuk menghindari membayar sejumlah kecil uang pada kreditur,” bantah Xie.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...