Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Ritual Pagi Hari untuk Redakan Stres

Kecemasan dapat muncul segera setelah bangun pagi. Berbagai sumber kecemasan yang muncul bisa karena memikirkan tugas yang harus dikerjakan, jadwal kesibukan dan memikirkan berbagai masalah yang mungkin terjadi. Bangun dalam keadaan kelelahan juga dapat meyebabkan kecemasan.

Salah satu cara terbaik untuk memulai hari dengan tenang adalah dengan melakukan ritual pagi yang menyenangkan. Semua agama memiliki ritual pagi hari, dari mandi di sungai yang sering dilakukan orang Hindu sambil menyapa matahari terbit hingga doa-doa pagi hari dalam agama Islam dan Kristen

Fokus dari perenungan dimaksudkan untuk menenangkan diri dan memberikan dorongan rohani. Bisa dilakukan dengan cara membaca sesuatu yang inspiratif, bermeditasi, atau berfokus pada apa yang disyukuri dalam hidup.


Ritual pagi dapat mengurangi kecemasan, memfokuskan diri pada apa yang penting di siang hari dan memberikan makna pada peristiwa yang dialami. Manusia menyadari dirinya sendiri sering menyerahkan hidupnya kepada sesuatu yang lebih tinggi sehingga dapat menjalani hari dengan baik, damai dan tenang.

"Hambatan terbesar untuk mendapat ketenangan di pagi hari sebenarnya ada di pikiran kita sendiri, yaitu bagaimana caranya untuk membingkai hari," kata Judith Orloff, MD, asisten profesor klinis psikiatri di University of California, Los Angeles dan penulis buku 'Emotional Freedom: Liberate Yourself From Negative Emotions and Transform Your Life' seperti dilansir care2.com, Kamis (13/3/2012).

Melakukan beberapa ritual sederhana segera setelah bangun pagi dapat mengurangi stres dan mengarahkan diri agar menjadi lebih produktif. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan ketenangan dan memberi waktu untuk diri sendiri. Berikut adalah beberapa cara ritual pagi hari untuk menurunkan stres.

Tulislah daftar kecemasan
Tuliskan 5 sumber kecemasan yang paling besar di atas kertas, maka kecemasan itu tidak akan menyergap ketika terbangun keesokan harinya. Tapi jangan tulis daftar kecemasan itu di pagi hari.

Bermeditasi
Orloff merekomendasikan untuk melakukan meditasi selama tiga menit. Lakukan latihan pernapasan, pusatkan perhatian, dan fokus pada hal yang positif dan indah. Lakukan selama tiga menit tepat saat bangun pagi. Melakukan meditasi akan membuat pikiran menemukan ketenangan dengan cepat. Letakkan tangan di atas jantung selama meditasi sehingga akan menambah unsur kehangatan dan menenangkan diri.

Membiasakan ritual pagi
Ritual ini dapat mencakup periode meditasi yang lebih lama, melakukan latihan yoga sederhana untuk relaksasi atau berdoa. Buatlah ritual agar menjadi terasa sangat menyenangkan sehingga tidak menganggapnya sebagai sekedar kewajiban.

Menjaga waktu tidur
Kecemasan dapat diatasi dengan menyelesaikan tugas lebih awal sebelum tenggat waktunya atau terlambat. Menunda menyelsaikan tugas-tugas sebelum berangkat tidur dapat menyebabkan tidur menjadi gelisah dan merasa lelah di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...