Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Cara Pintar Pilih Susu

Lemak atau bebas lemak? Susu dikenal sebagai minuman sehat yang mengandung sumber lemak. Tak heran jika banyak orang yang lebih memilih susu dengan label low fat, untuk menjaga berat badan.

Selain dari hewani, susu juga dapat dihasilkan dari nabati seperti kacang-kacangan. Tak heran jika setiap susu memiliki kandungan lemak yang berbeda. Label low fat pada kemasan, tidak menunjukan susu tersebut bebas lemak. Ini hanya merupakan petunjuk bahwa susu tersebut memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

Susu Kedelai

Terbuat dari kacang kedelai. Bebas kolesterol dan memiliki kandungan lemak jenuh yang sedikit. Disamping itu kedelai juga terkenal dengan bahan pangan yang kaya protein dan kalium. Susu ini biasanya dikonsumsi untuk mereka yang sedang berdiet. Satu cangkir susu kedelai mengandung 100 kalori dengan 4 g lemak.


Susu Almond

Susu ini menjadi solusi bagi orang yang alergi dengan laktosa. Satu cangkir susu almond hanya mengandung 60 kalori. Jika dibandingkan dengan susu kacang kedelai, susu ini masih minim manfaatnya.

Susu Kambing
Menurut penilitian, susu kambing sangat mudah dicerna oleh tubuh dan memiliki anti alergi yang baik. Satu cangkir susu kambing mengandung 170 kalori, 10 g lemak dan 27 mg kolesterol.

Susu Sapi

Susu hasil perahan ini memiliki kandungan dua kali lipat kalori yaitu sekitar 80-150 kalori/cangkir. Meski banyak manfaatnya, banyak orang yang beralih untuk lebih menikmati susu rendah lemak.

Susu Rami
Susu rami adalah susu yang terbuat dari tanaman ganja. Kaya asam lemak omega 3 dan bebas kolesterol. Secangkir susu rami mengandung 100 kalori dan 400 mg klasium, jauh lebih besar dari susu sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...