Pages

Selasa, 31 Juli 2012

Belum Move On, 61% Wanita Masih Simpan Foto Mantan Kekasih

Berapa banyak dari Anda yang masih memiliki foto kenangan bersama mantan kekasih? Berdasarkan survei yang dilakukan Friends Reunited, situs jejaring sosial yang dikhususkan untuk mereka yang ingin bernostalgia dengan teman lama, 61 persen wanita mengaku masih menyimpan foto mantan mereka.

Jumlah persentase ini lebih banyak dibandingkan pria yang hanya 56 persen. Namun sebanyak 17 persen pria mengaku kadang merasa bersalah karena telah menyimpan foto mantan kekasih mereka, sementara wanita hanya 11 persen.

Alasan responden menyimpan foto tersebut karena ingin menyoroti bagian terindah dari kehidupan mereka yang tidak ingin dilupakan. Tapi ada pula yang menyimpan foto mantan kekasih karena perasaan cinta. Ada 12 persen pria dan lima persen wanita yang mengaku tak membuang foto sang mantan karena masih mencintainya.

"Tak mengejutkan kalau hampir setengah dari kita masih menyimpan kenang-kenangan dari mantan kekasih; foto membangkitkan emosi yang kuat sekaligus melepaskan memori dari hubungan dan waktu di masa lalu," ujar psikolog Corinne Sweet, seperti dikutip dari Daily Mail.

Lalu, apakah seseorang yang masih menyimpan foto mantan kekasihnya meskipun sudah mempunyai pacar baru bisa dibilang belum sepenuhnya bisa move-on? Sayangnya menurut Corinne, iya.

"Ketika seseorang sudah bisa menyingkirkan foto mantan pasangannya (setelah putus, cerai atau kematian), biasanya itulah saat di mana mereka secara emosional sudah siap untuk move on."

Namun sangat dimaklumi jika orang masih menyimpan foto kenangan kisah cinta mereka di masa lalu. Sebab foto-foto tersebut adalah sebuah refleksi dari potongan-potongan kisah keseluruhan hidup mereka baik itu pengalaman baik atau buruk.

Sebagian besar responden (48 persen) menyimpan gambar kenangan mereka itu di dalam foto album. Sebagian lagi (31 persen) menempelkannya di pintu lemari dan laci, dan 12 persen menaruh foto mantan kekasih di loteng atau gudang.

"Hampir semua orang punya foto dari masa lalu yang ingin kita simpan; baik itu untuk diperlihatkan kepada orang atau disimpan sendiri. Foto-foto lama memang yang terbaik. Membawa kembali memori dan kilasan masa lalu, bahkan ketika kadang kita ingin melupakannya," ujar Matt Bushby, kepala situs Friends Reunited.

Bagaimana dengan Anda, masihkah menyimpan foto mantan kekasih dan apa arti foto-foto tersebut bagi Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...